SJ6111 Teknik Perkerasan Jalan

Kode Kuliah  :  SJ6111
Nama Kuliah (IND)  :  Teknik Perkerasan Jalan
Nama Kuliah (ENG)  :  Road Pavement Engineering
SKS  :  2
Silabus (IND)  :  Pendalaman komponen utama dari proses perancangan tabel perkerasan dan perkembangan dan penerapan tata cara perancangan yang terkenal untuk perkerasan lentur dan kaku.
Silabus (ENG)  :  Present the main components and process of road pavement design process with application of well known flexible and rigid pavement design methods.
Silabus Lengkap (IND)  :  Siklus penurunan mutu perkerasan. Kinerja struktural dan fungsional dari perkerasan. Pengenalan sistem manajemen perkerasan dan pemeliharaan. Masukkan untuk perancangan dan perkerasan. Perkembangan metoda empirik terkenal untuk perancangan perkerasan. Metoda Bina Marga dan Road Note 31 untuk perancangan perkerasan lentur. Perancangan perkerasan kaku. Pemantauan dan evaluasi kondisi fungsional dan struktural. Metoda empirik untuk perancangan lapis ulang perkerasan. Perancangan jalan biaya rendah, volume rendah. Pengenalan metoda analitik untuk perancangan perkerasan lentur.
Silabus Lengkap (ENG)  :  Pavement quality declining cycle. Structural and functional performance of pavement. Introduction to pavement management system. Input for design and maintenance. The development of empirical methods for pavement design. Bina Marga and Road Note 31 for flexible pavement design. Rigid pavement design. Monitoring and evaluation of functional and structural condition. Empirical method for overlay design. Road design with low budget and low volume. Introduction to analytical method for flexible pavement design
TIU (IND)  :  Mahasiswa memahami proses perancangan tebal perkerasan lentur dan kaku, membandingkan beberapa metoda yang dikenal secara internasional, dapat menganalisis kondisi aktual dari struktur perkerasan setelah dipakai dan merancang tebal lapis tambahan menggunakan beberapa macam metoda.
TIU (ENG)  : 
Luaran (Outcome)  :  Mahasiswa akan mampu melakukan perancangan tebal perkerasan lentur dan kaku, membandingkan beberapa metoda yang dikenal secara internasional, mampu menganalisis kondisi aktual dari struktur perkerasan setelah dipakai dan merancang tebal lapis tambahan menggunakan beberapa metoda.
Hubungan Dengan Kuliah Lain  :