SI2251 Gambar Konstruksi

Kode Kuliah  :  SI2251
Nama Kuliah (IND)  :  Gambar Konstruksi
Nama Kuliah (ENG)  :  Construction Drawing
SKS  :  3
Silabus (IND)  :  Kuliah dasar rekayasa ini merupakan kuliah pengenalan pada penggambaran obyek rekayasa yang memberikan dasar-dasar penggambaran obyek rekayasa, yang mencakup pengenalan pada ketentuan dan standar penggambaran teknis dan teknik-teknik pembuatan dan penyajian serta manipulasi gambar obyek rekayasa.
Silabus (ENG)  :  This introductory engineering course provides introduction to the fundamental technique and standard for drawing presentation and manipulation of engineering objects
Silabus Lengkap (IND)  :  Pada kuliah ini mahasiswa akan diberi pengenalan pada aturan-aturan dan standar-standar gambar teknik, termasuk mengenai notasi, simbol, ukuran, dan cara melipat gambar. Teknik-teknik penggambaran benda secara grafis, gambar proyeksi suatu permukaan dan badan lengkung serta gambar proyeksi dari berbagai sudut pandang juga akan diberikan. Sebagai penerapan dari teknik-teknik tersebut mahasiswa juga diberi materi gambar rekayasa yang terkait dengan obyek-obyek teknik sipil seperti gedung dan bangunan sipil lainnya. Pada kuliah ini mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan praktek penggambaran di studio, serta menggunakan software CAD.
Silabus Lengkap (ENG)  :  This introductory engineering course provides introduction to the fundamental technique and standard for drawing presentation and manipulation of engineering objects, such as sizing and folding drawing. The drawing technique is emphasized on how to draw an object graphically, and projection point from surface and arch lines, and projection drawing from different point of view. In addition to basic engineering drawing technique, students will also be exposed to the civil engineering drawing objects such as building structures, road design drawing, etc. In this course students will be assigned to do practical work in the drawing studio, as well as using commercial CAD software.
TIU (IND)  :  Memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam berkomunikasi secara grafis, menuangkan gagasan dalam gambar serta menginterpretasikan suatu gambar, dan penerapannya pada penggambaran objek-objek teknik sipil. Hal ini dapat dicapai melalui pemahaman tentang hubungan-hubungan spasial, kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip geometris, dan memilih metode grafis yang sesuai dalam memvisualisasikan dan mengkomunikasikan gagasan dan konsep.
TIU (ENG)  : 
Luaran (Outcome)  :  Mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memvisualisasikan gagasan dalam bentuk gambar yang menampilkan informasi teknik secara grafis dan tekstual dan sekaligus memiliki pemahaman dalam menginterpretasikan suatu gambar.